slide show
Assessor BAN-PT Lakukan Assessment Lapangan di USB
Ditulis oleh Swastika Ardhana R.   
Sabtu, 26 Agustus 2017 09:42

Universitas Setia Budi Surakarta mendapatkan visitasi atau assessment lapangan dari tim assessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) pada Selasa (22/8). Visitasi tersebut merupakan salah satu bagian dari proses akreditasi yang diajukan oleh Universitas Setia Budi Surakarta kepada BAN-PT. Tim assessor dari BAN-PT yang melakukan visitasi terdiri dari 3 orang yakni Prof. Dr. Ing. Ir. I Made Londen Batan, M.Eng. (ITS), Prof. Dr. Baso Jabu, M.Hum. (UNM), dan Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. (IAIN Tulungagung). Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung A.1 Universitas Setia Budi Surakarta.

 

Kegiatan visitasi atau assessment lapangan diawali dengan pertemuan antara Tim Assessor dengan Pimpinan Universitas Setia Budi Surakarta dan civitas akademika. Dalam pertemuan tersebut assessor menyampaikan maksud assessment lapangan dan membacakan Surat Pernyataan Mengenai Pelaksanaan Assessment Lapangan. Selanjutnya, tim assessor melakukan pertemuan dengan tim penyusun Borang serta Kepala Unit yang ada di Universitas Setia Budi untuk dilakukan verifikasi dan validasi isi borang.

Akreditasi Insitusi sendiri menilai 7 standar meliputi standar 1 tentang Visi dan Misi Universitas, standar 2 tentang Tata Pamong, standar 3 tentang Mahasiswa dan Lulusan, standar 4 tentang Sumber Daya Manusia (dalam hal ini dosen dan Karyawan), standar 5 tentang Kurikulum, standar 6 tentang Keuangan, Sarana Prasarana serta Sistem Informasi, dan standar 7 tentang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Dari ketujuh standar tersebut, tim assessor melakukan pengecekan kesesuaian antara laporan yang dikirimkan ke BAN-PT dengan realita di lapangan.

Dalam visitasi tersebut, tim assessor juga mengunjungi langsung unit-unit kerja serta beberapa fasilitas yang ada di Universitas Setia Budi. Secara terpisah tim assessor juga melakukan wawancara dengan mahasiswa dari masing-masing Program Studi di Universitas Setia Budi Surakarta, serta beberapa alumni. Selain itu, wawancara juga dilakukan dengan mengundang para stakeholder. Tak ketinggalan, perwakilan dosen tetap, dosen tidak tetap, serta tenaga kependidikan juga diwawancarai oleh tim assessor. Dari visitasi ini diharapkan sebagai Lembaga Perguruan Tinggi, Universitas Setia Budi mendapatkan Akreditasi untuk semakin meningkatkan kualitas sehingga masyarakat semakin yakin untuk memilih Universitas Setia Budi sebagai tempat untuk menimba ilmu.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi