slide show
S1 Teknik Industri (Terakreditasi B)

Sertifikat Akreditasi Program Studi S1 Teknik Industri USB

Visi Program Studi
Menjadi program studi S1 Teknik Industri yang mampu mengembangkan potensi lokal dan bersaing di tingkat Nasional dengan berlandaskan keimanan yang benar disertai dengan budi pekerti yang luhur.

Misi Program Studi

  1. Menjalanakan sistem pendidikan yang menjamin proses pembelajaran di bidang teknik industri yang dapat menghasilkan lulusan yang arif dan bijaksana serta memiliki potensi dan motivasi untuk maju.
  2. Menjalankan sistem pendidikan yang kondusif bagi kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan di bidang teknik industri bagi kesejahteraan umat manusia.
  3. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak dan pengguna lulusan untuk pengembangan kompetensi dan peningkatan wawasan di bidang teknik industri.
  4. Membangun komitmen pengelola program studi untuk bekerja secara efektif, efisien dan produktif demi terciptanya program studi yang unggul.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif, memiliki intelectual skill, practical skill, dan soft skill di bidang teknik industri berlandaskan budi pekerti luhur dan keimanan yang benar.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang teknologi industri yang dapat berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia di bidang teknik industri.
  3. Menghasilkan lulusan dengan keterampilan dan keahlian yang unggul di bidang sistem perencanaan, proses produksi industri dan manufaktur industri.

Tujuan Pendidikan
Hakekat dari program studi Teknik Industri adalah memadukan disiplin ilmu manajemen dan keteknikan. Program studi ini bertujuan untuk mempersiapkan calon lulusan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam perencanaan, pengorganisasian sistem industri, meningkatkan efektifitas dan efisiensi melalui perbaikan sistem industri yang terintegrasi berbasis sistem informasi. Kurikulum Program Studi Teknik Industri dirancang berbasis manufaktur dan jasa disesuaikan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang secara tidak langsung mempengaruhi perilaku manusia dan dunia industri. Sistem pembelajaran JurusanTeknik Industri mengacu pada pembelajaran aktif (active learning) yang didukung oleh dosen¬dosen tetap maupun tidak tetap yang sebagian besar berpendidikan S-1 dan S-2 serta sarana gedung yang nyaman. Perpustakaan sebagai pendukung sistem pembelajaran mempunyai mempunyai fasilitas internet (free hotspot area), buku dan jurnal disertai dengan fasilitas pelayanan yang optimal, di buka dari pagi sampai sore hari. Fasilitas ini setiap tahun selalu dikembangkan dengan anggaran dana yang memadai.


Fasilitas Pembelajaran
Program Studi Teknik Industri memiliki beberapa laboratorium yang digunakan sebagai sarana praktikum maupun penelitian dosen dan mahasiswa. Laboratorium tersebut adalah:
(1) Laboratorium Sistem Manufaktur
(2) Laboratorium Pemodelan dan Simulasi dengan aplikasi software Arena
(3) Laboratorium Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi dengan aplikasi software Catia
(4) Laboratorium Menggambar Teknik dengan aplikasi software AutoCAD
(5) Laboratorium Riset Operasi dengan aplikasi software WINQSB, LINGO, LINDO, Matlab
(6) Laboratorium Pemrograman Komputer dengan aplikasi bahasa pemrograman Visual Basic, Delphi, Pascal
(7) Laboratorium Statistik Industri dengan aplikasi software SPSS. Dengan sarana dan prasarana yang ada maka diharapkan rnahasiswa dapat menyelesaikan studi dengan waktu 4 - 4,5 tahun.
Fokus Pembelajaran Teknik Industri
•Menunjang pemenuhan kebutuhan tenaga berkualitas di bidang teknologi industri
• Membekali lulusan dengan keterampilan dan keahlian yang unggul di bidang manufaktur, jasa, teknologi informasi, serta perencanaan sistem dan proses produksi industri.
• Mengembangkan ilmu di bidang teknologi industri yang berbasis pada kebutuhan pengguna.

Prospek Lulusan Teknik Industri
Peluang pekerjaan bagi lulusan S-1 Teknik Industri sesuai dengan profil atau peran lulusan Teknik Industri tersebar di semua sektor ekonomi baik manufaktur maupun jasa yaitu sebagai perancang, perencana dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan produk, analis ekonomi, pengembangan dan pengoperasi sistem secara Integral yang terdiri dari manusia, peralatan, bahan, energi, dan informasi, dan sebagainya. Lowongan terakhir Teknik Industri s/d Agustus 2009 antara lain: PT. Astra Otoparts Group - Toyota Production System, PT. Bank Lippo - Teller, PT Nestle Indonesia - Logistic, PT. Bank NISP - Credit Analist, Shell Indonesia - Logistic & Distribution, Bank BNI Syariah - Relationship Officer Retail, Bank Permata - Funding Officer, PT.Shin-Etsu Polymer Indonesia - Quality Control, PT LG Innotek Indonesia - Management Innovation Staff & Engineering Staff, PT Pacific Fiber Indonesia - Workshop Staff, PT. Bank Danamon Indonesia - Relationship Officer Trainee

Kerjasama Pengembangan Institusi

Program Studi Teknik Industri membangun berbagai kerjasama dengan berbagai institusi guna terus mengembangkan kompetensi diantaranya adalah: Departemen Perindustrian; Solo Techno Park, Universitas Sebelas Maret, Pusat komputer Universitas Sebelas Maret, Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta & Surabaya, PT Smartlink, PT Kubota Indonesia, PT Gama Techno Yogyakarta, Taman Pintar Yogyakarta.

Website
http://setiabudi.ac.id/teknik-industri/

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi